Diposting Pada: Selasa, 30 April 2019
MAN 1 BUNGO LOUNCHING APLIKASI FINGER TRACKING


MAN 1 BUNGO LOUNCHING APLIKASI FINGER TRACKING BUNGO (MAN 1 Bungo) - MAN 1 Bungo menggunakan absen online berbasis android yang diberi nama "Finger Tracking" gunanya untuk memantau kehadiran dan keberadaan siswa di madrasah.

"Begitu siswa mengabsen, saat itu juga laporannya terkirim ke server dan telefon selular orangtua siswa. Jadi orangtua juga bisa memantau jam berapa anak mereka masuk dan pulang madrasah karena langsung ada laporannya," kata Kepala MAN 1 Bungo, "Dony Afrian, M.Pd.I.

Absensi sistem finger tracking baru ada di MAN 1 Bungo ini dan dilengkapi laporan pesan singkat otomatis yang terkirim kepada orangtua siswa ketika anak mereka mengabsen.

Absen online berbasis android ini juga diberlakukan bagi guru di madrasah itu. Selain terpantau oleh kepala madrasah, laporan juga terkoneksi dengan google maps sehingga keberadaan siswa saat mengabsen bisa dilacak.

Tidak hanya itu, pihak madrasah juga akan membuka akses bagi orangtua untuk mengetahui hasil ulangan tengah semester dan ulangan semester anak mereka. Dengan begitu orangtua bisa mengevaluasi sejauh mana perkembangan belajar anak mereka.

Semua ini merupakan bagian program cyber school yang dijalankan di MAN 1 Bungo. Berbagai kegiatan di dalamnya yang sudah maupun akan diwujudkan adalah penerimaan peserta didik baru secara online, sistem akademik, absensi finger tracking siswa, ujian online dan pemilihan ketua osim online.

Ketua Komite MAN 1 Bungo, H Edi Hamid mengaku sangat mendukung program tersebut. Program itu sangat membantu orangtua untuk memantau anak mereka.

"Ini meniru seperti sistem di Singapura. Jadi, orangtua bisa tahu apakah anaknya benar-benar masuk madrasah dan jam berapa masuk serta pulangnya, sehingga mudah mengontrolnya," kata H Edi Hamid.

Pihaknya bersyukur koordinasi orangtua dengan madrasah berjalan dengan baik. Kondisi ini sangat bagus karena ada kesamaan pandangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa.

Sementara itu, siswa mengaku tidak mempermasalahkan diberlakukannya absensi sistem online berbasis android. Menurut mereka, hanya siswa yang tidak serius belajar yang mungkin merasa terbebani dengan absensi online tersebut. (Intan Marlina)

 


1347x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. PERSIAPAN MAN 1 BUNGO SAMBUT 17 AGUSTUS 326x dibaca
  2. HUT PRAMUKA KE 58 MAN 1 BUNGO MERIAH 616x dibaca
  3. MAN 1 BUNGO TETAPKAN PESERTA KSM 483x dibaca
  4. MAN 1 BUNGO ADAKAN SOSIALISASI UNBK DAN SNMPTN 185x dibaca
  5. PEMBINA UPACARA MAN 1 BUNGO KALI INI SATPOL PP KAB. BUNGO 185x dibaca

Halaman ini diakses pada 30-05-2020 02:24:15 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.231.220.225
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved