Diposting Pada: Sabtu, 19 Oktober 2019
Telusuri Jejak Mangkubumi di Bungo, Siswa MAN 1 Bungo Adakan Studi Lapangan


Telusuri Jejak Mangkubumi di Bungo, Siswa MAN 1 Bungo Adakan Studi Lapangan
BUNGO (MAN 1 Bungo) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bungo merupakan madrasah dengan status negeri di Kabupaten Bungo yang telah berdiri lebih dari 30 tahun. Sekarang, madarasah ini menjadi madarasah jenjang aliyah terfavorit se Kabupaten Bungo dengan focus pendidikan pada penyiapan generasi yang unggul dalam imtak dan iptek. Dengan jumlah siswa lebih dari 700 orang dan 70 orang guru, MAN 1 Bungo terus mengembangkan diri dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif untuk meningkatkan kualitas siswa dan guru.

Rabu, (16/10) MAN 1 Bungo mengadakan kegiatan Studi Lapangan Sejarah Indonesia dengan tema ”Menelusuri Sepenggal Tanah Mangkubumi di Bumi Sumatera” yang diadakan di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal dan Dusun Tanah Periuk Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan yang bertemakan sejarah dengan rangkaian kegiatan berupa studi observasi, pengambilan data di lapangan dan pembuatan karya hasil studi lapangan dalam bentuk Vlog (video blog).

Kegiatan ini diikuti oleh 79 orang siswa kelas X program ilmu-ilmu sosial (IIS) rombel 1, 2 dan 3 dengan jumlah pendamping sejumlah 4 orang yaitu Mardawi, S. Pd. I (Pembantu Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan dan Alumni), Vitia MArza Puri, S. Pd, Zulia Gusmar, S. Pd dan Chairul Wahyudi, S. Pd. Pihak madrasah sangat mengapresiasi kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh Kepala MAN 1 Bungo, Dony Afrian, M. Pd. I pada saat membuka dan melepas acara tersebut rabu pagi, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif ini dan silahkan mencari ilmu di lapangan. Saya ingatkan untuk menjaga sopan santun dan nama baik madrasah dimanapun berada”, ujarnya.

Ditemui terpisah, pembimbing kegiatan Chairul Wahyudi, S. Pd mengatakan hal yang sama bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada materi Penelitian Sejarah. “Ya, kegiatan ini merupakan bagian dari KBM dan merupakan tindak lanjut dari teori yang telah diberikan di dalam kelas”., pungkasnya.

Rangkaian yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini berlangsung sukses dan tidak ada kendala yang berarti hingga ke acara penutupan pada pukul 15.00 di Dusun Lubuk Landai. Ketua Pelaksana kegiatan dari pihak guru, Vitia Marza Puri, S. Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung dengan baik walaupun ada kendala kabut asap namun tidak menganggu inti kegiatan. “Alhamdulillah seluruh peserta terlihat antusias dan tidak ada kendala yang berarti dalam kegiatan ini.

Pihak Dusun juga sangat menyambut dengan ramah kegiatan studi lapangan ini”.
Dilapangan siswa dibagi ke dalam ke beberapa kelompok dan menelusuri objek-objek sejarah yang terdapat di Dusun Lubuk Landai dan Dusun Tanah Periuk. Siswa yang berada di Dusun Lubuk Landai mengeksplorasi kawasan Makam Hamengkubuwono dan kawasan permukiman tradisional, sedaangkan kelompok yang berada di Dusun Tanah Periuk mengekplorasi Rumah Tradisional Bungo dan Makam Keramat. Pihak Rio (sebutan bagi kepala dusun di Kabupaten Bungo) dari kedua dusun mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk menumbuhkan jiwa meneliti bagi siswa khususnya untuk siswa madrasah.

Terakhir, harapannya kegiatan ini terus dapat dilanjutkan sebagai upaya lembaga pendidikan berbasis keagamaan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pihak madrasah juga menyampikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini baik dari pihak civitas akedemika MAN 1 Bungo, sekretariat dusun serta TNI dan Polri yang telah membantu mengawal siswa-siswi hingga acara ini selesai dilaksanakan. (Intan Marlina)

 


225x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. PKM TIK Hadiri Rapat Paripurna di DPRD Kab. Bungo 66x dibaca
  2. KAMAD MAN 1 BUNGO IKUTI SOSIALISASI UNBK, USBNBK, UAMBNBK DI LINGKUNGAN KANWIL JAMBI TP 2018 / 2019 306x dibaca
  3. OSIM DAN PRAMUKA MAN 1 BUNGO IKUTI UPACARA BENDERA 17 AGUSTUS 2019 592x dibaca
  4. Plt.T.U dan Bendahara MAN 1 Bungo Bimtek Pendataan,Jurnalistik dan Kehumasan di Kantor Kemenag Bungo 115x dibaca
  5. CLASSMEETING MAN 1 BUNGO DI ISI DENGAN TADARUSAN DAN KHATAMULQUR’AN 154x dibaca

Install Humas TV Kanwil Kemenag Provinsi Jambi:

Halaman ini diakses pada 21-11-2019 00:59:18 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.93.75.242
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved