Diposting Pada: Sabtu, 19 Oktober 2019
Soroti Pentingnya Museum, Dua Guru MAN 1 Bungo jadi Pemakalah di Universitas Sriwijaya


Soroti Pentingnya Museum, Dua Guru MAN 1 Bungo jadi Pemakalah di Universitas SriwijayaBUNGO (MAN 1 Bungo) - Mereka adalah Chairul Wahyudi, S. Pd dan Vitia Marza Puri, S. Pd, guru mata pelajaran sejarah di satuan kerja MAN 1 BUngo yang menjadi pemakalah di Universitas Sriwijaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Program Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya (PPS Unsri) dengan nama kegiatan Seminar Nasional Sejarah IV dengan Tema “Pendidikan Sejarah Abad 21 : Sinergi Antara Universitas, Pemerintah dan Dunia Usaha” yang diadakan di Kampus Indralaya, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu 19 Oktober 2019.

Kegiatan ini di buka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya yang diwakili oleh Dr. Syarifuddin, M. Pd pada acara pembukaan kegiatan. Pada saat sambutan, ia mengatakan betapa pentingnya sinergi antara stakeholder terkait guna kemajuan pendidikan bangsa, terutama para rumpun ilmu sejarah. “Tentunya kita berharap untuk seluruh elemen masyarakat dan stakeholder untuk bersinergi dalam membangun pendidikan sejarah di abad ke-21 ini”, paparnya.

Kepala MAN 1 Bungo, Provinsi Jambi, Donny Afrian Ab, S. Pd. I, M. Pd. I saat dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa ia mendukung sepenuhnya untuk kegiatan ini. Dua guru sejarah MAN 1 Bungo ini
sangat aktif dalam kegiatan dilapangan dan kegiatan tulis menulis hasil penelitian terutama yang
berkaitan dengan sejarah. Saat ini, mereka sedang mempresentasikan secara parallel hasil penelitian
mereka yang menyoroti tentang peran museum dalam meningkatkan minat siswa dalam meneliti sejarah lokal. “Mereka mewakili MAN 1 Bungo dalam Seminar Nasional Sejarah di Universitas Sriwijaya dan menjadi makalah. Saya sangat mengapresiasi dan semoga dapat membawa manfaat bagi kita semua”, ujarnya.

Chairul Wahyudi, S. Pd sebagai pemakalah yang mewakili MAN 1 Bungo Bersama Vitia Marza Puri,
S. Pd yang merupakan alumnus Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang akan mempresentasikan
hasil penelitian mereka yang berjudul “The Influence of Museum Perjuangan Rakyat Jambi on The
Student Interest of History Local Jambi Researching”. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa
Museum Perjuangan Rakyat Jambi dapat meningkatkan minat meneliti sejarah lokal bagi siswa di Provinsi Jambi. “Alhamdulillah dapat mewakili Jambi dalam kegiatan ini dan kami menyampaikan ahsil penelitian tentang pengaruh Museum Perjuangan Rakyat Jambi terhadap minat siswa dalam meneliri sejarah lokal di Jambi”, pungkasnya. Vitia Marza Puri, S. Pd juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak madrasah dan komite madrasah yang telah membantu sepenuhnya bagian pendanaan kegiatan ini. “Terimakasih kepada pihak madrasah dan komite yang telah membantu sepenuhnya pendanaan kegiatan ini”, jelasnya.

Harapannya, kegiatan ini dapat membawa berkah bagi kita semua terutama bagi MAN 1 Bungo,
Jambi. Semoga juga rekan-rekan sejawat yang lain dapat termotivasi untuk mengikuti kegiatan positif dari bidang karya tulis ilmiah ini. (Intan Marlina)

 


359x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Sambut HUT Ke-73 RI, Berbagai Perlombaan Digelar di MAN 1 Bungo 146x dibaca
  2. MAN 1 BUNGO TANAMKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA 346x dibaca
  3. MAN 1 BUNGO SAMBUT MAHASISWA PPL II IAI YASNI BUNGO TAHUN 2019 1069x dibaca
  4. SISWA MAN 1 BUNGO MENJADI PETUGAS PENGIBAR BENDERA DAN PADUAN SUARA PADA HAB KEMENAG RI DI KAB. BUNGO 152x dibaca
  5. PPDB MAN 1 BUNGO DIBUKA ONLINE 2055x dibaca

Install Humas TV Kanwil Kemenag Provinsi Jambi:

Halaman ini diakses pada 21-11-2019 00:56:17 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.93.75.242
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved