Diposting Pada: Selasa, 30 Juni 2020
MAN 1 BUNGO SIAP MENUJU NEW NORMAL DAN STANDAR PROTOKOL KESEHATAN COVID - 19


MAN 1 BUNGO SIAP MENUJU NEW NORMAL DAN STANDAR PROTOKOL KESEHATAN COVID - 19Bungo (MAN 1 Bungo) - Inilah skenario proses belajar mengajar di madrasah saat new normal di MAN 1 Bungo. MAN 1 Bungo akan menerapkan new normal atau kenormalan baru setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir. Saat ini sejumlah madrasah di Indonesia sedang mempersiapkan kehidupan baru atau new normal pasca Covid-19. Pemerintah juga sudah menyusun skenario tahapan untuk menerapkan new normal di Indonesia. New normal sendiri mengacu kepada pola hidup normal baru dalam menghadapi pandemi corona. Akan kembali diberlakukan kegiatan belajar mengajar di madrasah dengan merapkan protokol pelaksanaan pencegahan Covid-19. Rencananya, kegiatan belajar mengajar 2020/2021 akan dimulai pada bulan Juli minggu kedua.

Kepala MAN 1 Bungo, Dony Afrian, M.Pd.I menyatakan, saat ini pihaknya tengah mensosialiasikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama new normal ke orangtua murid dan juga guru. Protokol pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam ruang kelas pada masa new normal.


Lalu bagaimana protokol saat proses kegiatan belajar mengajar di kelas?

1. Persiapan kegiatan belajar mengajar

Satu meja atau satu bangku hanya boleh diduduki satu peserta didik. Masuk madrasah dibagi dalam dua waktu, yakni shift pagi san shift siang. Paud jadwal masuknya 1 hari on dan 1 hari off. Lama belajar di madrasah dikurangi dari waktu seharusnya, selebihnya waktu digunakan untuk belajar di rumah. Madrasah juga menyediakan hand sanitizer dan disinfektan. Tempat cuci tangan dan sabun disediakan di depan kelas. Semua warga harus menggunakan masker. Madrasah harus menyediakan termometer untuk mengecek suhu peserta didik. Setiap peserta didik juga dianjurkan membawa makanan dan minuman dari rumah. Setiap warga madrasah diwajibkan mencuci tangan pakai sabun setelah melakukan kegiatan

2. Pra pembelajaran

Guru harus hadir di sekolah 15 menit sebelum masuk kelas. Peserta didik hadir maksimal 5 menit sebelum jam masuk belajar. Semua warga madrasah wajib menjaga jarak minimal 1 meter setiap saat. Guru yang melakukan pengecekan suhu ke tiap muridnya yang hendak masuk ke kelas. Sebelum masuk ruangan kelas, guru menyambut kedatangan peserta didik dan memberikan hand sanitizer sebelum masuk ke kelas. Salam di lingkungan madrasah dilakukan tanpa bersentuhan. Duduk antar murid berjarak 1 meter.

3. Proses belajar mengajar

Guru harus membawa peserta didik dalam kegiatan atau permainan yang meyenangkan (memperhatikan physical distanting) untuk mengembalikan suasana dan motivasi peserta didik. Pembelajaran selama new normal ini nantinya harus diselingi ice breaking agar tidak jenuh. Buka atau menutup pintu harus dilakukan guru. Selama proses pembelajaran itu, guru yang harus memastikan aktivitas peserta didik aman, terkendali, dan jaga jarak. Istirahat akan dilakukan di dalam kelas. Madrasah melakukan penyemprotan disinfektan setelah KBM selesai. Guru yang mengikuti peserta didik ke luar hingga dijemput orangtuanya dan memastikan kepada orangtua jika peserta didik tersebut sampai di rumah. Selain itu, ada pula sejumlah hal yang harus dipersiapkan madrasah menjelang kegiatan belajar mengajar kembali di madrasah dengan kondisi new normal.

1. Screening kesehatan bagi guru dan karyawan

Membentuk satuan gugus tugas (Satgas) penanganan Covid di madrasah. Menyusun tata cara masuk madrasah, masuk kelas, di area terbuka, di kantin. Melakukan sosialiasi standar operasional menghadapi adaptasi tatanan hidup baru kepada seluruh guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Menyiapkan infrastruktur sarana sekolah menghadapi adaptasi tatanan baru dalam pembelajaran 2020/2021. Guru dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, paru-paru, pembuluh darah, kehamilan, kanker, atau daya tahan tubuh menurun tidak disarankan untuk mengajar. Golongan tersebut diperbolehkan WFH dengan ada surat dokter

2. Screening zonasi tempat tinggal

Melakukan Identifikasi zona tempat tinggal guru dan karyawan. Jika tinggal di zona merah disarankan di lokasi madrasahh dekat tempat tinggal

3. Tes Covid-19

Dengan metode rapid test hingga PCR sesuai standar who. Jika secara teknis terdapat keterbatasan biaya maka dapat dilakukan dengan opsi pooling test dengan jumlah kurang dari 30. Guru dan karyawan yang telah test Covid-19 diberi tanda telah lolos screening.

4. Langkah Kegiatan Belajar Mengajar

Seminggu sebelum kegiatan belajar mengajar, dilakukan sosialisasi virtual adaptasi tatanan hidup baru ke orangtua, siswa, guru, dan staf madrasah. Kegiatan belajar mengajar waktunya diatur agar tidak bersamaan dengan waktu padat lalu lintas dengan dikurangi durasi madrasah. Wajib mendata dan cek kondisi siswa dan orangtua siswa secara virtual sebagai skrinning awal. Siswa atau orangtuanya yang sakit diberikan keringanan tetap belajar dari rumah hingga dokter menentukan sehat. Pengaturan posisi duduk di ruang kelas dan ruang guru minimal berjarak 1 meter. Bila memungkinkan pakai pembatas plastik. Guru diupayakan tidak berpindah kelas. Screening harian sebelum masuk madrasah untuk penghuni madrasah. Jika suhu di atas 38 derajat dan tanda-tanda Covid-19 jangan ke madrasah. Difasilitas puskesmas atau rumah sakit terdekat. Komite sekolah agar berpartisipasi melakukan koordinasi dengan orangtua membimbing, memperhatikan, mendampingi proses kegiatan belajar mengajar.

5. Antar jemput murid

Pengantar dan penjemput berhenti di lokasi yang ditentukan dan di luar lingkungan madrasah. Dilarang menunggu jemputan berkerumun. Hanya berhenti lalu menjemput. Selama menunggu jemputan, peserta didik di area madrasah.


6. Screening fisik

Memastikan ketersediaan fasilitas cuci tangan pakai sabun, minimal di lokasi dimana warga madrasah masuk keluar di lingkungan madrasah. Di pintu masuk madrasah, petugas memastikan warga madrasah menggunakan masker dengan suhu normal.


7. Penerapan aturan pola sekolah baru yang mengadopsi upaya pencegahan Covid -19

Tidak saling bersentuhan dan tidak bersalaman.Membiasakan mencuci tangan. Penyediaan wastafel dan hand sanitizer di beberapa titik di madrasah. Tidak ada pedagang luar atau kantin dan siswa dapat membawa bekal sendiri dari rumah

8. Pemasangan informasi pencegahan Covid-19

Menetapkan materi informasi, komunikasi dan edukasi terkait pencegahan penyebaran covid-19 di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh seluruh warga satuan pendidikan dalam bentuk pamflet atau spanduk.

9. Guru karyawan atau siswa yang pulang berpergian ke luar kota dan luar negeri diberi waktu WFH atau belajar dari rumah selama 14 hari.

10. Penutupan fasilitas pendukung aktifitas madrasah

Tutup tempat bermain atau tempat berkumpul dan kantin

11. Rutin semprot disinfektan

Menjaga kebersihan kelas, meja dan kursi belajar dengan menyemprotkan disinfektan setiap hari

12. Disiapkan dukungan UKS dan psikologis harian di madrasah

Ditutupnya tempat bermain atau tempat berkumpul dan kantin.

11. Rutin semprot disinfektan

Menjaga kebersihan kelas, meja dan kursi belajar dengan menyemprotkan disinfektan setiap hari.

12. Disiapkan dukungan UKS dan psikologis harian di madrasah.

Madrasah bekerjasama dengan Puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan secara berkala mengikuti jadwal dari Puskesmas.


"Penerapan sosial distancing tetap dijalankan. Nantinya tempat duduk yang biasa untuk dipakai dua orang kini hanya satu. Sehingga siswa yang masuk akan bergiliran. Nanti apakah pakai ganjil genap apa gimana tergantung nanti," pangkas Dony Afrian, M.Pd.I (Intan Marlina)



 


384x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) TAHUN 2022 DI MAN 1 BUNGO PLUS KETERAMPILAN LANCAR DAN SUKSES 249x dibaca
  2. APRESIASI BAGI 23 SISWA MAN 1 BUNGO LULUS SNBP TAHUN 2023 745x dibaca
  3. ILC MAN 1 BUNGO LAKSANAKAN FESTIVAL BULAN BAHASA DAN LANGUAGE CAMP TAHUN 2023 126x dibaca
  4. DONY AFRIAN KAMAD MAN 1 BUNGO LEPAS PESERTA JUMBARA KE XI TAHUN 2019 363x dibaca
  5. KAKANKEMENAG BINA GURU DAN PEGAWAI MAN 1 BUNGO 907x dibaca

Halaman ini diakses pada 29-03-2024 15:51:45 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 127.0.0.1
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved