Diposting Pada: Senin, 21 September 2020
Belajar Sejarah Peminatan, Siswa MAN 1 Bungo Live Instagram bersama Mahasiswa Russia


Belajar Sejarah Peminatan, Siswa MAN 1 Bungo Live Instagram bersama Mahasiswa RussiaBungo (MAN 1 Bungo), Pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, guru dan siswa dituntut untuk tetap melaksanakan pembelajaran dengan berbagai metode dan model yang adaptif. Hal ini guna memastikan siswa-siswa tetap mendapatkan materi pembelajaran secara langsung dari guru yang bersangkutan. Seperti yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas XII program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bungo, Provinsi Jambi ini. Materi pembelajaran saat ini sudah masuk dalam K.D 4 dengan tema Sejarah Kontemporer Dunia.

Beberapa materi yang dibahas dalam Sejarah Kontemporer Dunia adalah Bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur, Apharteid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia hingga runtuhnya Union Soviet of Socialist Republic (USSR). Agar pembahasan materi ini lebih menarik dan dapat difahami secara massif, maka siswa dan guru berinisiatif untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien serta memenuhi materi yang terdapat dalam skema pembelajaran.

Guru Sejarah kelas XII program IPS MAN 1 Bungo, Chairul Wahyudi, S. Pd Bekerja Sama dan mengundang salah satu mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang melanjutkan studinya di Russia untuk menjadi pemateri secara Online dalam materi Sejarah Kontemporer Dunia yaitu Runtuhnya USSR tahun 1991 dengan tema “Mengenal Rusia pasca Perang Dingin 1991”. Pemateri pada kegiatan ini adalah Rafly Aulya Rizky Nasution yang merupakan mahasiswa Bachelor Program Fundamental Informatics and IT – Tomsk National State University – Russia. Acara ini diadakan melalui platform Instagram dengan fitur Siaran Langsung (Live) pada hari Sabtu, 12 September 2020 pukul 07.30 WIB hingga 08.30 WIB. Kegiatan Pembelajaran ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII IPS 1, 2 dan 3 baik sesi I maupun II yang berjumlah 87 orang.

Pada kegiatan yang berlangsung selama 60 menit atau 1 Jam, Alhamdulillah respon siswa cukup antusias yang ditunjukkan dengan peserta yang melihat Live Instagram berjumlah 67 – 83 orang dalam durasi 1 jam dan total peserta berjumlah 179 orang yang bergabung baik dari kalangan umum, guru maupun siswa. Materi yang disampaikan berkaitan dengan Hubungan Indonesia dan USSR pasca kemerdekaan Indonesia, peran Mikhail Gorbachev dan Vladimir Putin dalam membangun USSR dan Russia, Hubungan Russia dan 14 negara pecahannya serta yang paling menarik adalah Fun Fact mengenai Russia. Pada akhir kegiatan pemateri membuka 3 pertanyaan bagi siswa yang ingin bertanya dan pertanyaan yang dibacakan oleh guru pada acara tersebut mendapat doorprize berupa pulsa sebesar Rp. 60.000,- untuk 3 orang siswa.

Salah satu peserta pada kegiatan ini, Muhammad Al-Hanif dari kelas XII IPS 1 mengatakan “Alhamdulillah pembelajarannya sangat menarik, menggunakan media sosial dan langsung mendapatkan materi dari orang yang berada di Russia untuk memahami materinya jadi lebih tergambar jelas.”. Selain itu, Guru Sejarah MAN 1 Bungo, Chairul Wahyudi, S. Pd mengatakan bahwa ini merupakan salah satu alternative teknis pembelajaran masa pandemic yang dapat diakses oleh seluruh siswa dan materi pembelajarannya dapat tersampaikan dengan baik. Kepala MAN 1 Bungo, Dony Afrian, S. Pd.I, M.Pd. I juga mengapresiasi kegiatan pembelajaran ini, selain siswa dapat mengakses dengan mudah, materi yang disampikan juga terlihat nyata, juga siswa dapat berinteraksi dengan pemateri melalui fitur comment yang tersedia di Instagram. “Ya bagus juga kalau alternative nya menggunakan media sosial seperti ini, selain efektif dan efisien juga dapat mengakomodir siswa yang belajar di masa pandemi ini, namun tetap memperhatikan substansi materi dan guru diharapkan tetap memberikan general view setelah melakukan pembelajaran ini”. Harapan kedepan, metode, model dan kegiatan pembelajaran dapat terus berkembang dan menjadikan teknologi informasi sebagai bagian yang terpisahkan dari misi Madrasah Hebat Bermartabat.
(S/N Cw)

 


485x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. SISWA MAN 1 BUNGO RAIH MEDALI PERUNGGU DALAM KOMPETISI RISET INTERNASIONAL 1238x dibaca
  2. DIKLAT KERJA SAMA (DKS) MAN 1 BUNGO DENGAN BDK PADANG 986x dibaca
  3. CANGGIH, TES MASUK MAN 1 BUNGO BERBASIS ANDROID 2190x dibaca
  4. MAN 1 Bungo, Duta Jambi dalam Ajang Madrasah Student Leadership Award Tahun 2022 di Bogor 305x dibaca
  5. MAN 1 Bungo Siap Laksanakan Ujian Semester Genap Tahun 2018 BUNGO(MAN 1 Bungo) 388x dibaca

Halaman ini diakses pada 29-03-2024 21:04:28 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 127.0.0.1
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved