Akademik: Karya Ilmiah Guru



ABSTRAK

Dony Afrian, 2014. Penerapan Model Pengajaran Langsung Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Pokok Bahasan Istima‘ (Mendengarkan) Pada Siswa Kelas X.1 Tahun Pembelajaran 2013/2014

 

Kata Kunci : Model Pengajaran, Multimedia, Hasil Belajar

Pembelajaran bahasa terutama bahasa asing, menuntut berbagai sarana yang dapat memudahkan dan mempercepat  proses pembelajaran, sehingga dalam waktu yang relatif singkat pembelajar dapat menguasai dan mahir menggunakannya dengan benar sesuai dengan target kurikulum yang telah ditetapkan. Endutainment (education-entertainment), belajar sambil bermain, juga dinamakan e-learning, merupakan metode dan praktik baru yang menjadikan pembelajran lebih cepat, lebih efisien, lebih menyenangkan dan lebih menghibur. Pembelajaran (learning), sebagai kata benda (noun/ isim)merupakan batang tubuh pengetahuan dan kebijakan, sedangkan kata kerja (verb/fiil) merupakan proses pemerolehan pemahaman yang membawa kepada perubahan sikap dan perilaku melalui perolehan pengetahuan, ketrampilan, dan nilai (value) melalui kajian (study)dan pengalaman (experience).

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bloom, Benyamin. Et al. 1981. Taxonomi of Educational The Classification of Educational Goals: Hand Book I, Cognitive Domayn. New York: Longman.

DePorter, Bobbi.1999. Quantum Learning. Bandung : Kaifa

Dikdasmen. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi: Matematika ,buku 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

-------------. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi: Matematika ,buku 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

http://journal.unair.ac.id/filterPDF/ Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multi-media: Peran Modality dan Contiguity terhadap Peningkatan Hasil Belajar.pdf

Ismail, dkk. 2007. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

J.S.Badudu. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Hand Book. Bandung: Kaifa

Mulyanto. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semarang: LPMP Jawa Tengah

Noehi Nasution, Adi Suryanto. 2002. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Suharsimi Arikunto. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 

 

 

 

 

 

Laporan Penelitian Tindakan Kelas

 

PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MULTIMEDIA

UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB

Pokok Bahasan Istima‘ (Mendengarkan)

Pada Siswa Kelas X.1

 

 

OLEH :

DONY AFRIAN AB, S.Pd.I, M.Pd.I

NIP.198004012007011019

 

 

 

 

KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BUNGO

MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MUARA BUNGO

KABUPATEN BUNGO

TAHUN 2014

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

          Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang "Penerapan Model Pengajaran Langsung Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Pokok Bahasan Istima‘" oleh Dony Afrian AB, S.Pd.I, M.Pd.I, NIP.198004012007011019 telah disimpan dan dipublikasikan di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Muara Bungo sejak tanggal 02 Juli 2014.

 

 

Muara Bungo, 02 Juli 2014

Penulis/Peneliti,

 

 

Dony Afrian AB, S.Pd.I, M.Pd.I

NIP. 198004012007011019

 

 

 

Mengetahui,                                            Mengetahui,  

Pengelola Perpustakaan,                            Kepala MAN Muara Bungo,

 

 

Sofyan, S.Ag., M.Pd.I                                 Dra. Hj. Nurbeda, S.Pd., M.Pd.I

NIP. 197004261998031002                        NIP. 195801111983032003

 

 

 

 

 

 

HALAMAN IDENTITAS

 

  1. Judul Penelitian : Penerapan Model Pengajaran Langsung Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Pokok Bahasan Istima‘
  2. Ketua Peneliti :
  3. Nama : DONY AFRIAN AB, S.Pd.I, M.Pd.I
  4. Bidang Keahlian : Bahasa Arab
  5. Jabatan/Pekerjaan : Guru Bahasa Arab
  6. Unit Kerja : MAN 1 Muara Bungo
  7. Alamat Surat (Sekolah) : Jl. Protokol Komplek Perumnas Kelurahan

                                                              Cadika Kec. Rimbo Tengah Kab. Bungo

  1. Telepon : 0747-21483

 

  1. Subyek Penelitian : Siswa MAN 1 Muara Bungo
  2. Periode Pelaksanaan Penelitian : 3 (tiga) Bulan
  3. Jumlah Anggaran yang Diusulkan : 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah).
  4. Lokasi Penelitian : MAN 1 Muara Bungo
  5. Rencana rekomendasi yang : 1.   Meningkatnya keterampilan dan ditargetkan kemampuan berbahasa Arab siswa dengan pemenuhan fasilitas pendukung.
  6. Adanya peningkatan dana pendidikan bagi madrasah dalam rangka pemerataan peningkatan mutu pendidikan.

 

  1. Sekolah Pengusul : MAN 1 Muara Bungo

10 Instansi Lain yang terlibat             : Pemerintah Daerah, Diknas, Kemenag.

 

 

 

 

     

 


 

Halaman ini diakses pada 12-11-2019 18:57:49 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 18.208.186.19
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved